Dosen UKDW Lulus Sertifikasi SAP

Beberapa waktu yang lalu Universitas Kristen Duta Wacana berhasil memperoleh hibah untuk Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun 2021 dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Salah satu aktivitas yang diusulkan dan disetujui dalam program ini adalah meningkatkan kualitas dan kesiapan kerja lulusan. Aktivitas tersebut dapat dicapai dengan menerapkan program MBKM melalui pemutakhiran kurikulum, kerja sama yang kuat dengan mitra, memberikan kesempatan kepada dosen sebagai praktisi di dunia industri, dan sertifikasi kompetensi dosen sehingga diakui di dunia industri dan dunia kerja.

Oleh karena itu, untuk menunjang kompetensi yang dibutuhkan, beberapa dosen UKDW mengikuti pelatihan SAP bersama beberapa dosen dari perguruan tinggi lain. Dosen UKDW yang mengikuti pelatihan tersebut adalah Generosa Lukhayu Pritalia, S.T., M.Eng. (Dosen Sistem Informasi), Gabriel Indra Widi Tamtama, S.Kom., M.Kom. (Dosen Sistem Informasi), I Kadek Dendy Senapartha, S.T., M.Eng. (Dosen Informatika), Rossalina Christanti, S.E., M.Acc. (Dosen Akuntansi), dan Dielanova Wynni Yuanita (Dosen Akuntansi).

Pelatihan SAP dilaksanakan mulai tanggal 12 Agustus 2021 hingga 23 Agustus 2021, kemudian dilanjutkan dengan ujian sertifikasi SAP pada tanggal 26 Agustus 2021. Semua dosen yang mengikuti kegiana ini dinyatakan lulus sertifikasi dan dapat menjadi trainer SAP untuk mahasiswa.

SAP merupakan perangkat lunak atau software dengan konsep ERP (Enterprise Resource Planning) yang berfungsi untuk mengintegrasikan perencanaan, pengelolaan dan penggunaan seluruh sumber daya di perusahaan atau organisasi bisnis sehingga dapat meningkatkan kualitas, produktivitas, serta profitabilitas bisnis. SAP memfasilitasi aliran informasi dari semua proses bisnis di perusahaan meliputi penjualan, produksi, akuntansi keuangan, dan sumber daya manusia. Saat ini SAP menjadi software dengan konsep ERP nomor 1 di dunia dan sudah banyak digunakan oleh perusahaan nasional maupun multinasional.

Dosen Sistem Informasi UKDW, Generosa Lukhayu Pritalia, S.T., M.Eng. mengatakan seluruh mahasiswa Prodi Sistem Informasi akan mendapatkan pelatihan dan sertifikasi SAP melalui mata kuliah manajemen proses bisnis. SAP memiliki beberapa produk meliputi mySAP Business Suite untuk perusahaan besar dan memiliki modul yang lengkap, mySAP All in One untuk memberikan solusi disesuaikan dengan tipe industri, dan MySAP Business One yang mudah diimplementasikan namun terbatas pada modul inti. Pelatihan yang akan diberikan kepada mahasiswa menggunakan produk mySAP Business Suite dengan modul paling lengkap. Dengan adanya pelatihan dan sertifikasi SAP ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas  lulusan Sistem Informasi UKDW saat menghadapi dunia kerja dan dunia industri.

Bobby Yusuf Lukito, salah satu alumni SI UKDW yang saat ini bekerja di PT Duniatex menggunakan software SAP di bidang purchasing. Bobby menuturkan bahwa dengan adanya pelatihan dan sertifikasi SAP yang difasilitasi dari kampus jelas sangat membantu khususnya untuk memahami alur bisnis dan dasar-dasar seperti tombol-tombol navigasi pada SAP. Lebih lanjut, saat ini perusahaan juga sudah banyak yang menggunakan software SAP, sehingga dengan memiliki sertifikat SAP sangat membantu untuk menjadi pertimbangan perusahaan ketika merekrut calon pekerja. (FTI/Generosa)

Sumber : https://www.ukdw.ac.id/dosen-ukdw-lulus-sertifikasi-sap/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top